Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Pengetahuan – Halo Sobat pengetahuanesia, apakah ada yang pernah meresensi buku pengetahuan? Nah, Pada artikel ini admin akan menjelaskan bagaimana cara meresensi buku dengan baik beserta contohnya.

Namun di sini kita akan membahas lebih kepada buku pengetahuan yah atau yang biasa disebut dengan buku non fiksi. Sebelum kita belajar untuk meresensi sebuah buku, kita harus memahami dulu arti atau makna dari resensi itu sendiri.

Resensi buku dapat diartikan dengan merangkum sebuah buku dan tentu harus sesuai dengan kaidah-kaidah tertentu. Sebelum kita belajar meresensi buku, kita pahami terlebih dahulu pengertian resensi. Berikut penjelasannya :

Pengertian Resensi


Resensi berasal dari bahasa latin yaitu revidere atau recensie yang artinya merupakan menimbang, melihat kembali, atau menilai.
Dalam KBBI, resensi merupakan ulasan dari sebuah buku. Jadi resensi merupakan ulasan singkat mengenai isi sebuah buku, novel, majalah, drama ataupun film yang biasanya disiarkan oleh media-media sosial.

Adapun tindakan meresensi ialah untuk memberikan suatu penilaian, pembahasan, mengkritik, atau mengungkapkan kembali isi yang terdapat di dalam sebuah buku.

Tujuan Resensi


Berikut ini merupakan beberapa tujuan meresensi buku :


  1. Mengajak para pembaca untuk berdiskusi lebih jauh tentang masalah yang diangkat dalam karya yang dibuat resensi. Baik itu berupa buku, novel ataupun majalah.
  2. Resensi dibuat untuk memberikan pemahaman serta informasi secara lebih kepada pembaca tentang sebuah karya yang akan diresensi.
  3. Mmberikan pertimbangan kepada pembaca tentang kelayakan sebuah karya untuk dibaca atau diterbitkan.
  4. Memberikan jawaban dan informasi kepada pembaca mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pembaca mengenai sebuah karya yang telah diterbitkan.


Jenis Jenis Resensi


Berikut ini merupakan jenis-jenis resensi buku :

1. Resensi Informatif


Resensi informatif merupakan resensi yang hanya memberikan informasi mengenai isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan buku atau karya.

2. Resensi Deskriptif


Resensi deskriptif merupakan resensi yang membahas secara lebih detail pada tiap bagian atau babnya.

3. Resensi Kritis


Resensi kritis merupakan resensi yang berbentuk ulasan secara lebih detail dengan metodologi ilmu.

Unsur Unsur Resensi


Berikut ini merupakan unsur unsur resensi buku atau resensi novel :

1. Identitas Buku


Identitas buku meliputi :

Judul Buku
Nama Pengarang
Nama Penerbit
Ketebalan Buku
Tahun Terbit
Nomor Edisi
Identitas buku juga dapat meliputi ukuran buku, warna dan ilustrasi jilid buku. Akan tetapi dalam kepentingannya dengan penulisan resensi hal ini jarang sekali dimunculkan atau dibuat.

2. Ikhtisar Buku


Ikhtisar buku disusun berdasarkan pokok-pokok yang terkandung dalam buku. Akan tetapi, karena buku yang akan diresensi berupa novel maka cara menentukan pokok-pokoknya berbeda dengan buku non fiksi.

Pokok-pokok isi novel bisa ditentukan dengan berdasarkan keadaan maupun peristiwa-peristiwa penting yang digambarkan di dalam novel.

3. Kepengarangan


Sosok pengarang sering kali diceritakan dalam resensi novel. Hal ini berkaitan dengan latar belakang, keahlian, sikap-sikap, dan karya-karya yang dibuat olehnya.

Bagian-bagian tersebut diceritakan secara ringkas dan pada umumnya tak sampai melebihi satu paragraf.

Sosok pengarang pada umumnya dicantumkan pada halaman pertama atau di bagian belakang novel tersebut. Dari sanalah kamu dapat berbicara tentang unsur kepengarangan.

Untuk pengarang yang sudah terkenal, kamu bisa membaca dari sumber-sumber lainnya seperti di internet.

4. Keunggulan dan Kelemahan Buku


Keunggulan dan kelemahan buku pada resensi dapat berkaitan dengan unsur-unsur novel. Terhadap unsur-unsur ini, kamu bisa memberikan penilaian, baik itu berdasarkan kesederhanaan, kejelasan, kekhasan, penguasaan masalah, dan aspek-aspek lainnya yang dapat kamu tentukan sendiri sesuai dengan kreatifitas kamu.

Contoh Resensi Buku Pengetahuan


Identitas Buku


Judul Buku : Kuasai Lebih Cepat, Buku Pintar Accelerated Learning

Pengarang Buku : Colin Rose

Penerbit Buku : Kaifa Mizan

Tahun Terbit : 2003

Penerjemah : Femmy Syahrini

Tebal Buku : 193 halaman

Resensi Buku


Buku Kuasai Lebih Cepat, Buku Pintar Accelerated Learning ini merupakan salah satu buku yang dikemas Kaifa Mizan secara simple dan jelas. Buku ini berisi beberapa tips agar pembaca mampu belajar dan memahami lebih cepat dalam berbagai ilmu.

Belajar cepat sangat dibutuhkan di abad ke-20 ini. Arus informasi semakin mudah terakses dan berkembang sedemikian cepatnya, membuat kita harus belajar dengan cepat. Belum lagi ilmu pengetahuan yang terus berkembang dan meningkat.

Buku ini menawarkan konsep belajar cepat tanpa membuat pembacanya merasa kelelahan. Oleh karena itu, buku ini akan memberikan tips, bahwa belajar cepat harus memaksimalkan potensi otak yang kita miliki.

Sebagai penggugah penulis menyatakan bahwa otak manusia merupakan sebuah alat yang sangat canggih dan hebat. Tetapi tak terdapat buku panduan penggunaannya.

Setelah menguatkan pembaca bahwa otak kitamemiliki potensi yang sangat luar biasa, penulis pun menggugah pembaca dengan meyakinkan kesadaran diri pembaca bahwa kita semua bisa menjadi orang yang sukses.

Selain tips-tips praktis yang menggugah pembaca, buku ini pun memaparkan beberapa bekal kepada orang tua, guru, pelatih dan siswa agar mampu memaksimalkan potensi diri yang mereka miliki.

Selain isinya yang inspiratif, buku inimemiliki tampilan yang sangat menarik dan elegan. Desain cover maupun desain isi buku menjadikan pembaca nyaman pada saat membaca buku ini.

Terlebih, buku ini dilengkapi dengan beragam informasi seputar kesuksesan orang-orang terkenal dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh siswa, mahasiswa, guru, orang tua atau siapapun yang ingin belajar dan sukses. Harga buku ini tak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kualitas tampilan dan isi yang akan kamu pelajari nantinya.


EmoticonEmoticon