4 Kegunaan Mempelajari Sejarah, Penting!

Hai sobat Pengetahuanesia, Tahu nggak nih apa kegunaan mempelajari sejarah? Kegunaan Mempelajari sejarah tentu banyak gunanya. Sebab, sejarah berbicara tentang kehidupan manusia. Kegunaan mempelajari sejarah yaitu sebagai berikut, diantaranya ada 4 kegunaan, silahkan disimak:

4 Kegunaan Mempelajari Sejarah

1. Edukatif, 

Sejarah memberikan pelajaran dengan mempelajari sejarah, kita akan bercermin dan  memulai peristiwa masa lampau yang merupakan keberhasilan dan peristiwa msa lampau. Edukatif berarti nilai-nilai yang mengan-dung unsur pendidikan. Orang sering berkata “Belajar dari sejarah”, “Belajarlah dari masa lalu”. Dalam ungkapan tersebut terkandung arti bahwa sejarah mempunyai kegunaan yang dapat mendidik kita. Apa yang terjadi pada masa lalu harus menjadi pelajaran buat kita, orang sering menyatakan “ambillah hikmahnya”. Hikmah dapat diambil dari apa yang pernah terjadi dalam diri kita. Peristiwa yang terjadi pada masa lalu mempunyai nilai-nilai yang sangat berharga bagi kehidupan kita saat ini. Beberapa nilai yang bisa kita ambil dari peristiwa-peristiwa sejarah, seperti kebenaran, keadilan, kejujuran, kearifan, keberanian, rela berkorban, dan lain-lain. Jadi, sejarah banyak memberikan pengajaran moral.

2. Inspiratif, 

Sejarah memberikan ilham atau inspirasi kepada kita , tindakan kepahlawanan dan peristiwa gemilang pada masa lalu dapat mengilhami kita semua pada tarap perjuangan yang sekarang. Sejarah banyak menghasilkan berbagai karya, baik karya seni maupun karya sastra. Karya-karya tersebut banyak memberikan inspirasi bagi seniman untuk berkreasi dalam menciptakan karya-karyanya. Bahkan karya-karya seni pada masa lalu tidak sedikit yang mempunyai nilai seni yang sangat tinggi, sulit untuk dicapainya pada zaman sekarang. Karya seni tersebut dapat menjadi suatu peradaban. Di Indonesia banyak sekali peninggalan-peninggalan yang mempunyai karya seni yang bernilai tinggi. Misalnya candi-candi yang dibangun oleh para raja.

3. Instruktif, 

Instruktif secara harfiah dapat diartikan pengajaran. Pengajaran dalam konteks di sini memberikan arti keterampilan yang diperoleh dari pengajaran sejarah. Keterampilan tersebut, baik berupa keterampilan berpikir maupun keterampilan yang bersifat fisik. Keterampilan berpikir adalah keterampilan yang bersifat kognitif. Hal ini dapat diperoleh melalui pengkajian terhadap materi sejarah. Adapun keterampilan yang bersifat fisik lebih banyak diperlihatkan dalam bentuk unjuk kerja.
Misalnya kegunaan dalam rangka pengajaran dalam salah satu kejuruan atau keterampilan, fungsi dan kegunaan.

4. Memperkokoh rasa nasionalisme, 

Terbentuknya suatu bangsa adanya kesamaan sejarah dan kesamaan keinginan,sejarah bangsa indonesia menjadi ingatan kolektif yang dapat menimbulkan rasa solidaritas dan semangat mempertebal rasa kebangsaan.

Nah itu saja 4 Kegunaan Mempelajari Sejarah, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua yang ingin mengetahui manfaat atau kegunaan mempelajari sejarah.


EmoticonEmoticon