Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah


Karya tulis ilmiah sanggup disajikan dalam bentuk laporan penelitian, artikel ilmiah di jurnal, artikel ilmiah popular di media massa, makalah seminar, buku, diktat, modul, maupun karya terjemahan.  secara singkat jenis-jenis karya tulis ilmiah sebagai berikut.
1.   Makalah merupakan rumusan atau simpulan pedoman sebagai hasil telaah atau pengkajian sederhana dari sebuah tumpuan bacaan, pedoman tokoh, ilmuwan atau penulis sebelumnya. Karya ilmiah jenis ini biasa diberikan oleh dosen atau guru kepada mahasiswa atau siswanya. Tujuannya biasa untuk memperlihatkan ruang bagi penerima asuh dalam menuangkan gagasan ilmiahnya untuk mengasah kemampuan intelektualnya dalam menanggapi permasalahan yang berkembang. Makalah biasanya disajikan dalam lembaga seminar, lokakarya, workshop dan sejenisnya.

2.      Laporan praktikum biasanya merupakan laporan tertulis dari serangkaian kegiatan praktikum yang telah dilakukan oleh seorang atau sekelompok siswa. Dalam menuliskan laporan unsur kronologis menjadi sangat penting sebab praktik kerja baik di lapangan maupun di laboratorium terdiri dari tahapan-tahapan yang sistematis yang harus dilaporkan secara sistematis juga. Dengan demikian penulisan laporan praktikum dituntut untuk memberikan sebuah kegiatan secara sistematis, runtut dan terperinci.

3.    Tugas akhir baik skripsi (tingkat S1), thesis (S2) atau disertasi (S3) merupakan karya ilmiah yang ditujukan untuk mengakhiri studi di sekolah tinggi tinggi. Tugas selesai biasanya berupa hasil penelitian dari bidang tertentu (sesuai jurusan atau aktivitas studi yang diambil) yang kemudian diujikan secara verbal untuk memperoleh derajat kelulusan dan kelayakan karya tersebut

4.     Artikel merupakan gagasan tertulis dari penulis wacana suatu permasalahan yang didasarkan pada kajian pustaka atau hasil penelitian. Artikel merupakan diseminasi pedoman dari hebat atau seseorang yang secara intens mengamati permasalahan tertentu (pengamat). Artikel hampir seakan-akan dengan makalah, yang membedakan ialah ruang publikasinya. Apabila makalah disampaikan dalam lembaga seminar atau workshop, artikel dipublikasikan di media massa baik jurnal ilmiah atau media massa (koran atau majalah, yang biasa disebut artikel ilmiah populer). Artikel sanggup ditulis dalam aneka macam bentuk yaitu opini, essay atau feature. Opini merupakan gagasan langsung penulis, sedangkan essay merupakan karangan prosa yang membahas suatu problem secara sepintas kemudian dari sudut pandang penulisnya (Kamus Besar Bagasa Indonesia, 2005: 308). Sedangkan feature merupakan bentuk penulisan artikel yang berupa berita

 Dengan demikian terdapat banyak pilihan bagi guru dalam menyebarkan profesinya melalui karya tulis ilmiah.


EmoticonEmoticon