Jenis-Jenis Penelitian Tindakan Kelas

Ada empat jenis Penelitian Tindakan Kelas yang akan dibahas yakni : PTK empiris ; PTK eksperimental; PTK partisipan; dan PTK diagnostik . Untuk lebih jelasnya, berikut klarifikasi secara singkat mengenai keempat jenis PTK tersebut.
1. Penelitian Tindakan Kelas Empiris
Yang dimaksud PTK empiris ialah apabila peneliti berupaya melaksankan sesuatu tindakan atau agresi dan membukakan apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama agresi berlangsung. Pada prinsipnya proses penelitiannya berkenaan dengan penimpanan catatan dan pengumpulan pengalaman peneliti dalam pekerjaan sehari-hari.
2. Penelitian Tindakan Kelas Eksperimental
Jenis PTK ini mempunyai nilai potensial terbesar dalam kemajuan pengetahuan ilmiah. Yang dikategorikan sebagai PTK eksperimental ialah apabila PTK diselenggarakan dengan berupaya menerapkan banyak sekali teknik atau taktik secara efektif dan efesien didalam suatu aktivitas berguru mengajar.
3. Penelitian Tindakan Kelas Partisipan
Suatu penelitian tindakan kelas yang dikatakan partisipan yakni apabila orang yang akan melaksanakan atau melaksanakan evaluasi harus ikut terlibat pribadi dalam proses penelitian semenjak awal hingga dengan hasil penelitian berupa laporan.
4. Penelitian Tindakan Kelas Diagnostik
Yang dimaksud PTK diagnostik yakni penelitian yang dirancang dengan dengan menuntun peneliti ke arah suatu tindakan. Dalam hal ini peneliti mendiagnosis dan memasuki situasi yang terdapat didalam latar penelitian.
Contohnya: jikalau peneliti berupaya menangani perselisihan, pertengkaran, duduk perkara atau konflik yang dilakukan antar siswa yang terdapat didalam sekolah atau kelas. Peneliti menganalisis dan mengamati secara cermat melalui interaksi dengan siswa-siswa di suatu sekolah atau kelas dengan mencari sumber duduk perkara yang ada dan sebagainya. Kemudian menganalisis semua data dan memperlihatkan rekomendasi wacana penyelesaian atas konflik tersebut.
Dengan demikian, semenjak perencanaan penelitian, peneliti sudah terlibat dan selanjutnya peneliti memantau, mencatat dan mengumpulkan data kemudian menganalisa data serta berakhir dengan melaporkan hasil dari penelitiannya. Dalam PTK jenis ini, peneliti dituntut keterlibatannya secara pribadi dan terus menerus semenjak awal hingga berakhir penelitian.
Itulah pembahasan singkat tentang Jenis-jenis Penelitian Tindakan Kelas, biar info tersebut sanggup menambah pengetahuan sobat sekalian. terimakasih.


EmoticonEmoticon