Rabindranath Tagore Sastrawan Besar India

Rabindranath Tagore dan Einstein di kediamannya di Kaputh di pinggiran kota Berlin pada tanggal 14 Juli 1930. Foto: FullyIndia

Rabindranath Tagore merupakan salah satu insan terbaik yang diciptakan oleh Tuhan di Dunia ini. Dia sanggup disejajarkan bersama sastarawan besar sekelas Shakespeare, G.B Shaw dan Tolstoy, serta sastrawan jago lainnya di Dunia.

Rabindranath Tagore lahir pada tanggal 7 Mei 1861 di keluarga Tagore di Jorasanko, Kolkata. Rabindranath ialah seorang penyair, seorang novelis, kritikus, penulis kisah pendek, filsuf, pendidik, ilmuwan dan pembaharu sosial. Dia banyak menunjukkan imbas besar terhadap karya satra dan usaha nasional India.

Rabindranath mendapatkan Nobel Satra Dunia bidang sastra pada tahun 1913 atas donasi besarnya terhadap pelbagai macam sastra India dan bahasa Benggali yang berengaruh terhadap karya sastra Dunia. Banyak puisi-puisinya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Rabindranath semenjak muda mengambarkan kejeniusannya dalam bidang sastra. Karya-karya puisinya banyak mengesankan senior-seniornya. Seniornya Matthew Arnold yang menganggap Rabindranath Tagore bisa berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan menemukan talenta tersembunyinya. Dia berhasil mengasah bakatnya menjadi suatu hal yang menakjubkan dalam pelabagai karya sastra Benggali.

Karya-karya Rabindranath Tagore meliputi puisi, musik, novel, drama, lukisan, cerpen, dll.

Beberapa judul novel, yaitu:
  • Shesher Kobita
  • Noukadubi
  • Chaturanga,
  • Gora
  • Ghare Baire,
  • Char Odhay

Gitanjali, karya Tagore berupa antologi puisi berhasil menyabet Nobel pada 1913. Nobel Sastra tersebut membuat ia menjadi orang India dan orang Asia pertama yang mendapatkan Nobel Sastra Dunia. Ia juga membuat Lagu kebangsaan India, "Jana Gana Mana."

Pada masa kolonial Inggris di India, ia menunjukkan donasi dalam pembangunan pendidikan dengan mendirikan Universitas Visva Bharati di Santiniketan pada tahun 1902. 

Rabindranath Tagore meninggal pada 7 Agustus 1941. Hingga ketika ini sosok sastrawan tersebut belum terganti. Pada hari ulang tahunnya yang ke-125 pada 1986, masyarakat India merayakan ulang tahunnya untuk mengenang jasanya atas kontribusinya yang mempengaruhi kesatuan nasional India yang terbentuk menurut karya-karyanya dinilai menunjukkan nilai yang tinggi terhadap sastra India.

Rabindranath hanya bisa dibandingkan dengan Rabindranath sendiri. Dia dianggap sebagai tokoh terbesar dalam Kebangkitan Nasional India modern.  Rabindranath dipkamung sebagai sumber keindahan, pengetahuan dan wangsit dari semua anutan mulia dan gagasan hebat.



EmoticonEmoticon