Benda Bersejarah Peninggalan Kerajaan Kartanegara

Beberapa peninggalan kerajaan Kartanegara masih dapat dilihat di museum Mulawarman di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara. Berikut beberapa benda peninggalan yang membuktikan kejayaan kerajaan Kartanegara di masa lalu. Kerajaan Kartanegara atau yang lebih dikenal dengan kerajaan Kutai Kartanegara adalah kerjaan bercorak islam. Kerajaan ini didirikan pada tahun 1300 oleh Aji Batara Agung Dewa Sakti di daerah Tepian Batu atau Kutai Lama dan berakhir  pada 1960. Kerajaan Kartanegara adalah salah stu kerajaan tertua di Indonesia, ada banyak peninggalan benda-benda bersejarah yang membuktikan keberadaan kerajaan ini pada dahulunya.

Ketopong Sultan

masih dapat dilihat di museum Mulawarman di kota Tenggarong Benda Bersejarah Peninggalan Kerajaan Kartanegara

Ketopong adalah mahkota emas yang dipakai oleh sultan kerajaan Kartanegara. Benda ini ditemukan di Mura Kaman, Kutai Kartanegara pada tahun 1890. Ketopang mempunyai berat 1,9 kg dan saat ini disimpan di Museum Nasional Jakarta. Ada juga tiruan ketopong yang disimpan di museum Mulawarman.

Kura-kura emas

Benda bersejarah ini mempunyai ukuran sebesar kepalan tangan yang adalah persembahan dari seorang pangeran dari kerajaan China untuk putri raja Kartanegara, Aji Bidara Putih. Kura-kura emas ditemukan di Long Lalang, di hulu sungai Mahakam.

Prasasti Yupa

Prasasti Yupa adalah peninggalan kerajaan Kartanegara yang paling tua. Di dalam prasasti ini terdapat tulisan sansekerta dan juga huruf pallawa. Isi dari prasasti ini mengungkapkan sejarah kerajaan hindu yang berada di Muara Kaman. Prasasti Yupa menceritakan tentang kehidupan politik, sosial dan budaya kerajaan Kutai Kartanegara.

Singgasana Sultan

Singgasana sultan kerajaan Kutai Kartanegara masih terjaga sampai saat ini di museum Mulawarman. Singgasana ini dulunya digunakan oleh Sultan Aji Muhammad Sulaiman serta ra-raja sebelumnya. Singgasana ini dihiasi dengan payung umbul-umbul serta peraduan pengantin Kutai Keraton.

Peninggalan kerajaan Kartanegara tersebut adalah warisan budaya yang tak ternilai harganya dan harus dijaga. Agar kelak generasi-generasi berikutnya dapat mengetahui peninggalan-peninggalan tersebut sebagai sarana pembelajaran sejarah kerajaan di Indonesia. Peninggalan-peninggalan tersebut juga sebagai bukti kedigjayaan kerajaan Kutai Kartanegara.


EmoticonEmoticon