Cara Entri data Aplikasi Pemataaan Mutu (Pmp) 2018 Pada Banyak Komputer



Entri data pada Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) bagi operator merupakan sebuah hal yang tidak asing lagi. Ini adalah tahun ketiga dimana Operator dilibatkan sebagai penanggung jawab entri data. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba berbagi informasi terkait cara entri data apliklasi Pemetaan Mutu (PMP) 2018 pada banyak komputer. Pastinya, cara  entri data apliklasi Pemetaan Mutu (PMP) 2018 pada banyak komputer banyak kita jumpai pada berbagai jejaring sosial ataupun pada berbagai blog yang kita search  melalui laman google. Dan postingan ini juga melengkapi cara-cara sharing  agar Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) dapat dikerjakan di banyak komputer. 
Cara entri data apliklasi Pemetaan Mutu (PMP) 2018 pada banyak komputer terbagi menjadi dua jenis:
1. Anda dapat menggunakan jaringan Nirkabel (wireless)
2. Menggunakan jaringan LAN
A. Cara Entri data Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) 2018 dengan menggunakan jaringan Nirkabel (wireless)
Definisi Jaringan Nirkabel (wireless) adalah jaringan tanpa kabel. Jaringan ini dapat dibuat dengan menggunakan media modem wireless ataupun media handphone. Adapun cara membuat jaringan wireless yang dapat digunakan untuk membantu entri data Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) 2018 adalah sebagai berikut:
  • Silahkan anda persiapkan media yang digunakan sebagai hot spot. Anda dapat menggunakan modem wireless ataupun handphone yang mempunyai fitur hot spot pribadi. 
  • Pergunakan komputer/ Laptop sebagai server dengan kondisi prima, sehingga diharapkan saat anda mengkases berbagai pertanyaan yang tersedia dalam Aplikasi tersebut, loadingnya  tidak berlangsung lama.
  • Pada komputer/ laptop yang anda jadikan sebagai server, silahkan anda lakukan pencarian command prompt atau CMD atau anda dapat juga menekan tombol windows + R, lalu ketik CMD
  • Setelah anda dapat membuka Aplikasi CMD, silahkan anda ketik "ipconfig" tanpa tanda kutip lalu enter guna memunculkan konfigurasi dari ip komputer yang kita jadikan sebagai server.


  • Ketika konfigurasi ip dari komputer yang anda jadikan sebagai server telah tampil, silahkan anda catat atau entri data ip config tersebut pada browser di komputer yang dijadikan sebagai client dengan format sebagai berikut: ipaddress:1745. Contoh: 192.168.1.2:1745
  • Selesai. Aplikasi Pemetaan Mutu sudah dapat digunakan secara bersama.
Catatan: Jika masih terjadi trouble, pastikan bahwa anda telah mematikan windows firewall pada komputer yang anda jadikan sebagai server.
B. Cara entri data Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) 2018 dengan menggunakan jaringan LAN
Cara ini tergolong "mudah" bagi anda yang sekolahnya sudah pernah dijadikan sebagai tempat menyelenggarakan kegiatan UNBK. Bagi anda yang sekolahnya belum pernah menyelenggarakan kegiatan UNBK, kami sarankan anda menggunakan langkah pertama yaitu entri data Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) 2018 dengan menggunakan jaringan wireless.
Lalu bagimanakah caranya entri data Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) 2018 dengan menggunakan jaringan LAN? berikut langkahnya:
  • Pastikan bahwa sekolah anda mempunyai jaringan LAN (local Area Network). Jaringan LAN adalah jaringan  komputer dalam wilayah kecil dengan menggunakan kabel.
  • Pastikan anda telah menginstal Aplikasi dapodik dan Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) tahun 2018
  • Silahkan setting jaringan pada komputer yang anda jadikan sebagai server dengan merubah ip otomatis menjadi ip statis. Caranya adalah silahkan anda buka control panel, lalu anda pilih  network and internet, kemudian pilih network and sharing center, lalu pilih jaringan LAN (ethernet) yang tersedia. 

  •  Selanjutnya silahkan anda lakukan langkah-langkah seperti gambar berikut ini:

  •  Ketika anda telah berhasil membuka menu properties dari TCP/IPv4, maka anda akan menjumpai settingan ip. Silahkan anda lakukan perubahan dari IP automatis kedalam ip address statis. Contoh: 192.168.0.201 dengan subnet mask: 255.255.255.0. Setelah selesai, silahkan anda klik OK Berikut contoh settingan IP statis dalam gambar:



  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda ketik IP statis:localhost Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP)2018 pada address bar browser anda. Contoh 192.168.0.201:1745. 
  • Selesai, Aplikasi pemetaan Mutu (PMP) 2018 sudah dapat digunakan secara bersamaan.
Demikianlah informasi terkait cara entri data Aplikasi Pemetaan Mutu (PMP) tahun 2018 pada banyak komputer baik dengan menggunakan jaringan wireless ataupun dengan jaringan LAN. Semoga bermanfaat buat semua.
 


EmoticonEmoticon