Cara Unduh/Download data Peserta Un Siswa Sd/Smp/Sma/Smk Tahun Ajaran 2018/2019 Pada Laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/


Informasi terkini bahwa data Calon Peserta Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2018/2019 sudah dapat anda unduh melalui laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/. Jika anda bertugas sebagai operator sekolah baik itu tingkat SD/SMP/SMA maupun SMK, terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait dengan data Calon Peserta UN tahun 2019. Hal pertama adalah memastikan entrian data siswa benar-benar valid sesuai dengan dokumen yang ada. Hal selanjutnya adalah memastikan bahwa calon peserta UN tahun 2019 mempunyai NISN. 
Operator hendaknya melakukan cross check  terhadap data dapodiknya guna memastikan memastikan kebenaran data dari data Calon Peserta UN tersebut sehingga diharapkan tidak terdapat kesalahan biodata calon peserta UN tahun 2019. Jika di jumpai kesalahan, maka lakukanlah verifikasi dan validasi data peserta didik melalui laman vervalpd secepatnya.
Setelah anda sudah memastikan kebenaran data peserta Ujian Nasional, langkah berikutnya adalah melakukan unduhan data calon peserta UN. Ada dua format file yang disabilan dimenu unduhan pada laman tersebut, yaitu berupa file berekstensi .dz dan file yang berekstensi .xls. File yang berexstensi .dz digunakan untuk base data dalam upload data pada laman Bio UN online ( Untuk Jenjang SD; laman bio UN disini, Untuk Jenjang SMP; laman bio UN disini, Untuk Jenjang SMA; laman Bio UN disinisedangkan file yang berekstensi .xls digunakan sebagai base data sekolah yang nantinya diserahkan kepada dinas setempat. Lalu bagaimanakah cara menggunakan menu unduhan calon peserta yang ada pada laman PDUN tersebut? Berikut kami share informasinya buat anda. 
  • Langkah pertama, Silahkan anda kunjungi laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ kemudian login dengan menggunakan user dan pasword dapodik atau anda dapat login dengan menggunakan user alternatif berupa kode registrasi dapodik. Berikut kami contohkan langkah login dengan menggunakan gambar:

Gambar login laman PDUN

Sebelum beranjak pada langkah yang kedua, kami akan menjelaskan sederetan fungsi menu yang tampil di halaman muka laman PDUN diantaranya adalah 
        • Menu Beranda; Menu beranda menampilkan informasi pengguna berupa identitas diri pengguna (operator sekolah). Tampilan menu dapat dilihat pada gambar berikut ini

Gambar tampilan beranda yang menampilkan informasi pengguna
        • Menu Calon Peserta UN; Menu ini menampilkan data calon peserta UN berupa nama, kebutuhan khusus, jenis kelamin, NISN, tempat lahir, tanggal lahir, alamat, agama, nama orangtua dan lain-lain. Untuk melakukan pencarian siswa, pada laman ini telah disediakan tiga pilihan tampilan, 1. Tampilan semua PD, 2. Tampilan PD mempunyai NISN, dan 3. Tampilan PD yang tidak mempunyai NISN. Anda dapatt menggunakan salah satu dari ketiga menu pencarian yang sudah disediakan. Berikut adalah contoh fitur pencarian siswa berupa filter PD berdasarkan NISN:


        • Menu logout; merupakan menu yang dipergunakan oleh user atau pengguna untuk keluar Aplikasi.
  • Langkah yang kedua adalah silahkan pilih dan klik menu calon peserta UN. Lalu pilih dan klik sub tab menu calon peserta UN atau CPUN ke excel. 
Penjelasan:
Pada menu calon peserta UN, ditampilkan sejumlah sub tab menu yang terletak disebelah kanan. Sub tab menu tersebut adalah sebagai berikut:
    • Sub tab Menu Pengaturan kursi; Menu ini menyabilan informasi berupa Pengaturan kursi untuk siswa kelas akhir baik itu SD, SMP, SMA/SMK. Sub tab menu ini sangat bereran dalam mengaktifkan sub tab menu unduhan baik data peserta maupun berita acara. Olehkarenanya, sebelum anda melakukan unduhan data calon peserta atau berita acara, ada baiknya anda melakukan pengaturan kursi terlebih dahulu. Caranya cukup mudah; silahkan anda klik sub tab menu Pengaturan no Kursi, lalu klik pilihan angka berupa nama urut rombel. setelah selesai lalu klik simpan. Berikut adalah contoh gambar menu pengaturan kursi yang terdapat pada laman PDUN

Gambar pengaturan kursi
    • Sub tab Menu Unduh file Peserta UN. Sub tab ini menyabilan data berekstensikan dz. Jadi saat anda melakukan pilihan terhadap sub tab mnu ini, anda akan menjumpai hasil unduhan yang berekstensikan dz. Sebagai contoh hasil unduhan, perhatikan gambar berikut:


gambar contoh hasil unduh file calon peserta UN
    • Sub tab menu unduh CPUN ke excel. Sub tab ini menyabilan data berekstensikan xls. Jadi saat anda melakukan pilihan terhadap sub tab mnu ini, anda akan menjumpai hasil unduhan yang berekstensikan xls. Sebagai contoh hasil unduhan, perhatikan gambar berikut:


Gambar hasil Unduh CPUN ke excel
  • Langkah yang terakhir simpan semua file hasil unduhan pada direktori yang aman dan mudah diingat. Kumpulkan dalam satu folder, sehingga nanti dapat kita manfaatkan dalam rangka upload data melalui laman Bio UN pada masing-masing jenjang. Jangan lupa lakukan pencetakan berita acara. Langkahnya silahkan klik dan pilih sub tab menu unduh berita acara. Berikut adalah contoh gambar hasil kita mengunduh berita acara di sub tab unduh berita acara:
 
contoh berita acara

Demikianlah informasi mengenai cara unduh/download data peserta UN Siswa SD/SMP/SMA dan SMK tahun ajaran 2018/2019 pada laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/. Semoga bermanfaat buat semua.




EmoticonEmoticon