Download Silabus Dan Contoh RPP Kurikulum 2013 Jenjang Sma


Silabus merupakan pedoman utama dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengolahan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Dalam proses pengembangan silabus, tentunya terdapat beberapa prinsip utama yang tidak boleh dilanggar. Prinsip tersebut adalah 
  • Prinsip Ilmiah. Prinsip ini menjelaskan keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus haruslah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  • Prinsip relevan menjelaskan dimana cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  • Sistematis, dimana komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Konsistensi; terdapat hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  • Kecukupan; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  • Aktual dan Kontekstual; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  • Fleksibel; Keseluruhan komponen silabus dapat mengako-modasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  • Menyeluruh; Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (Kognitif, afektif, Psikomotor) atu sesuai degan esensi mata pelajaran masing-masing.
Rencana pembelajaran atau yang kita kenal dengan RPP merupakan bagian dari kegiatan pengembangan silabus. Menurut Kusnandar (2011,263), RPP merupakan rencana yang menggambarkan secara detail prosedur dan pengorganisasian pembelajaran guna mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan didalam standar isi serta dijabarkan dalam silabus. 
Dari pengertian diatas diSIMpulkan bahwa RPP dan silabus adalah bagian terpenting bagi guru didalam menggagas proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi berupa download silabus dan contoh RPP Kurikulum 2013 jenjang SMA. Kami berharap ini memberikan manfaat bagi rekan guru semua. Anda juga dapat mengembangkan Rencana Pembelajaran ini sesuai dengan keadaan dan kebutuhan pada masing-masing satuan pendidikan.
download silabus dan contoh RPP Kurikulum 2013 jenjang SMA; Mapel Utama
download silabus dan contoh RPP Kurikulum 2013 jenjang SMA; Mapel Matematika dan IPA

Demikianlah informasi terkait download silabus dan contoh RPP Kurikulum 2013 jenjang SMA. Adapun saran dan kritikan dapat anda sampaikan pada kolom komentar dibawa ini guna membangun blog ini sebagai media informasi keguruan yang lebih baik lagi. Kami akan mengupdate informasi terkait download silabus dan contoh RPP Kurikulum 2013 jenjang SMA guna membarikan informasi terabarukan. Salam infoguruku buat anda semua._ 



EmoticonEmoticon