Ingin Tahu Cara Cek Info gtk Tanpa Zonasi? Berikut Caranya..


Lembar info PTK atau yang kita kenal dengan Lapor Tunjangan Dikdas merupakan fasilitas yang disediakan oleh Direktorat P2TK Dikdas yang membantu guru-guru diseluruh Indonesia dalam rangka cross check validasi data hasil verifikasi data yang sudah dikirim melalui Aplikasi Dapodik disekolah masing-masing. Lembar info PTK menjadi sangat penting, sehingga semua guru terutama yang telah mempunyai sertifikat pendidik berharap data yang ditampilkan benar-benar valid. 
Informasi laman pengecekan menjadi sangat penting. Terdapat dua laman yang disediakan untuk mengecek info gtk: (1) Anda dapat mengecek info gtk melalui laman SIMPKB ( https://paspor.SIMPKB.id ) dan (2) Anda dapat mengecek info gtk melalui laman infogtk yaitu http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ 
Informasi yang beredar dari admin SIMPKB menyatakan bahwa terdapat zonasi yang dibuat untuk meminimalisir akses yang terlalu padat di laman SIMPKB. Berikut ini Pembagian Zona Waktu Login SIMPKB dan Login Cek INFO gtk
Zona 1 (Pukul 06:00 - 10:00 WIB)
Waktu Login SIMPKB dan Login Cek INFO gtk, Meliputi: 
Prop. D.K.I. Jakarta, 
Prop. Jawa Barat, 
Prop. Aceh, 
Prop. Sumatera Utara, 
Prop. Sumatera Barat, 
Prop. Riau, 
Prop. Jambi, 
Prop. Sumatera Selatan, 
Prop. Lampung, 
Prop. Kalimantan Barat, 
Prop. Kalimantan Tengah, 
Prop. Kalimantan Selatan

Zona 2 (Pukul 11:00 - 14:00 WIB)
Waktu Login SIMPKB dan Login Cek INFO gtk, Meliputi: 
Prop. Jawa Tengah, 
Prop. D.I. Yogyakarta, 
Prop. Kalimantan Timur, 
Prop. Sulawesi Utara, 
Prop. Sulawesi Tengah, 
Prop. Sulawesi Selatan, 
Prop. Sulawesi Tenggara, 
Prop. Maluku, 
Prop. Bali, 
Prop. Nusa Tenggara Barat, 
Prop. Nusa Tenggara Timur

Zona 3 (Pukul 15:00 - 18:00 WIB)
Waktu Login SIMPKB dan Login Cek INFO gtk, Meliputi: 
Prop. Jawa Timur, 
Prop. Papua, 
Prop. Bengkulu, 
Prop. Maluku Utara, 
Prop. Banten, 
Prop. Bangka Belitung, 
Prop. Gorontalo, 
Prop. Kepulauan Riau, 
Prop. Papua Barat, 
Prop. Sulawesi Barat, 
Prop. Kalimantan Utara
Dan diluar waktu diatas dapat diakses seluruh wilayah.
Zonasi diatas tentunya memberikan keterbatasan buat kita untuk akses infogtk. Tentunya membuat kita tidak nyaman. Kita berharap secepatnya dapat mengakses. Untuk itu, kami sarankan anda membuka laman infogtk yang beralamatkan di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Alamat ini tidak ada mengenal wilayah zonasi,seperti yang dijelaskan oleh Bapak Nazarudin Kompetan berikut ini:
Berdasarkan penjelasan diatas, bahwa http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ tidak mengenal adanya zonasi. Sepanjang server gtk tidak melakukan verifikasi dan validasi terhadap data gtk, maka info gtk dapat diakses. Lalu caranya bagaimana? Berikut ini langkah sederhana yang mungkin bermanfaat buat anda semua:
  1. Silahkan anda persiapkan User berupa NUPTK dan tanggal lahir dengan format (YYYY-MM-DD : tahun-bulan-tanggal)
  2. Kunjungi laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ untuk mengakses data infogtk
  3. Entrikan NUPTK dan tanggal lahir sesuai format lalu tulis kode captcha sesuai gambar, lalu silahkan login dan tunggu hingga proses menampilkan data validasi PTK hingga selesai.
Ketiga langkah tersebut diatas adalah langkah untuk membuka laman infogtk. Cukup mudah bukan? Namun, apabila laman ini sulit sekali diakses karena padatnya kunjungan ke laman ini, ada beberapa hal yang mungkin anda dapat lakukan. Hal pertama yang anda lakukan adalah silahkan anda merefresh browsing anda atau dengan menekan tombol di kyeboard ctrl + R. Atau bila langkah ini masih susah diakses, silahkan anda lakukan langkah yang kedua yaitu anda cukup menginstalkan plugin khusus berupa anonymox yang ada pada masing-masing browser anda. Jika anda menggunakan browser chrome, anda dapat menggunakan plugin berikut ini. Dan bila anda menggunakan browser mozilla, anda dapat menggunakan plugin berikut ini. Silahkan anda instal plugin tersebut, dan setelah selesai memasang plugin pada browser anda, pastikan kondisi anonymox berjalan atau aktif seperti gambar berikut:
setelah anda memastikan kondisi plugin anonymoX berjalan, silahkan anda akses infogtk pada laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ sesuai dengan tiga langkah yang kami sebutkan tadi. Demikianlah informasi ini kami berikan, semoga ini membawa manfaat buat semua. 


EmoticonEmoticon