Kewajiban Warga Negara Yang Tak Boleh Ditinggalkan

Apakah anda tahu bagaimana cara menjadi warna negara yang baik? Cukup mudah, anda hanya perlu memenuhi segala kewajiban sebagai seorang warna negera. Kewajiban warga negara yang baik ada beberapa hal. Semua kewajiban tersebut dilakukan semata mata untuk kepentingan bersama, baik untuk kepentingan bangsa dan negara, maupun kepentingan warga negaranya.

Untuk menjalankan kewajiban ini, semua warga negara wajib ikut berperan. Misalnya di negara Indonesia, tidak hanya warga negara Indonesia saja yang wajib memberikan sumbangsihnya, namun juga warga negara asing yang menetap di Indonesia, mereka juga harus berpartisipasi menjalankan kewajiban sebagai seorang warga negara yang baik.

Apakah anda tahu bagaimana cara menjadi warna negara yang baik Kewajiban Warga Negara Yang Tak Boleh Ditinggalkan

Dalam Undang Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 30 ayat 1 telah dijelaskan hak dan kewajiban sebagai warga negara secara singkat,  yaitu hak dan kewajiban warga negara untuk ikut dalam pembelaan negara. Kemudian pada ayat selanjutnya dijelaskan bahwa pengaturan lebih lanjut terkait hak dan kewajiban tersebut diatur dalam undang undang. Sehingga dengan demikian, seorang warga negara memang mempunyai hak dan kewajiban yang telah ditetapkan dalam aturan hukum yang resmi.
Berikut ini adalah beberapa kewajiban seorang warga negara yang harus dipenuhi sebelum mereka menuntut segala hak haknya:

  1. Warga Negara Wajib Membela Negara

Hal ini mutlak dilakukan oleh setiap warga negara, baik warga negara Indonesia mapun warga negara asing yang masih ingin menetap di Indonesia. Membela negara dapat dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya adalah turut aktif berpartisipasi dalam menjaga perdamaian suatu negara dengan cara mengawasi segala urusan kenegaraan termasuk segala peraturan peraturan negara. bila suatu saat terjadi ketidaksesuaian dengan azas negara, maka warga negara wajib meluruskan. Selain itu, membela negara bagi para pemuda juga dapat dilakukan dengan menunjukkan prestasi di kancah internasional dengan membawa nama negara.

  1. Warga Negara Wajib Membayar Pajak dan Retribusi

Seorang warga negara yang baik memang wajib untuk membayar pajak dan retribusi, sebab penghasilan dari pajak tersebut sepenuhnya juga akan dipergunakan untuk kepentingan masyarakat.

  1. Warga Negara Wajib Mentaati Peraturan Hukum Yang Berlaku

Sebagai warga negara yang baik, maka mematuhi segala peraturan yang ada adalah sebuah kewajiban yang tak boleh ditinggalkan. Kewajiban warga negara yang lainnya adalah memberikan masukan atau kritikan terhadap jalannya pemerintahan, serta ikut dalam pembangunan negara.


EmoticonEmoticon