Macam Macam Hujan Berdasar Proses Terjadinya

Mungkin di antara anda semua belum banyak yang tahu bila ternyata ada macam macam hujan. Kebanyakan dari anda mungkin hanya berpikir bahwa hujan hanyalah peristiwa jatuhnya air dari langit yang dapat membuat suasana menjadi sejuk, dingin, syahdu, dan tentu saja basah. Namun ternyata, bila ditinjau dari beberapa hal, hujan terbagi ke dalam beberapa jenis.

Secara umum, bentuk hujan akan sama saja antara satu jenis hujan dengan jenis yang lain. semuanya berupa wujud rintikan air dari atas menuju ke bawah. Namun, anda tetap perlu mengetahui berbagai macam jenis hujan yang ada di dunia ini. hal tersebut selain dapat menambah pengetahuan anda, juga dapat membuat anda menyiapkan segala hal bila terjadi sesuatu yang dapat berbahaya bagi anda bila terjadi hujan dengan jenis tertentu.

Mungkin di antara anda semua belum banyak yang tahu bila ternyata ada  Macam Macam Hujan Berdasar Proses Terjadinya

Sebelum membahas macam macam hujan, sebaiknya anda terlebih dahulu tahu proses terjadinya hujan secara umum. walaupun penjelasan terkait hal tersebut telah anda dapatkan sejak anda duduk di bangku sekolah dasar, namun tak ada salahnya bila sekarang anda mengulasnya kembali.

Proses Terjadinya Hujan

Hujan terjadi dari adnya cahaya matahari yang dapat membuat air laut atau air sungai menjadi menguap. Di atas sana, uap air tersebut tertiup angin dan saling menyatu sampai menjadi sebuah awan. Secara terus menerus uap tersebut bertambah, sehingga pada saat di mana uap tersebut telah tak dapat ditampung lagi oleh awan, maka pecahlah menjadi rintikan air hujan.

Jenis hujan dapat dibedakan dengan mengacu pada beberapa dasar. Seperti hujan berdasarkan proses terjadinya, hujan berdasarkan ukuran butirannya, dan hujan berdasarkan besarnya curah hujan. Berikut ini adalah jenis jenis hujan berdasarkan proses terjadinya,

Macam Macam Hujan

  1. Hujan Orografis
Hujan yang terjadi karena adanya angin yang mengadung uap air bergerak secara horizontal, sehingga menyebabkan terjadinya hujan disekitar pegunungan.
  1. Hujan Siklonal
Hujan karena adanya udara panas yang disertai angin yang berputar.
  1. Hujan Frontal
Hujan karena adanya pertemuan antara massa udara yang dingin dengan massa udara yang panas.
  1. Hujan Muson
Hujan karena adanya angin muson atau angin musiman.
  1. Hujan Senithal
Hujan akibat pertemuan angin pasat timur laut dan angin pasat tenggara di sekitar ekuator.

Demikian macam macam hujan berdasarkan proses terjadinya.


EmoticonEmoticon