Makna Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok adalah salah satu kejadian yang melatarbelakangi dilakukannya proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Banyak sekali tokoh yang berperan dalam peristiwa tersebut, dan saat ini mereka dikenang sebagai pakhlawan nasional yang namnay selalu tercatat dalam buku sejarah bangsa Indonesia. Kita sebagai generasi penerusnya tentu saja harus selalu berterima kasih kepada mereka karena tanpa usaha dan keberanian semua tokoh yang terlibat pada kejadian tersebut mungkin saat ini kita tidak dapat hidup dengan damai seperti ini. Golongan muda disaat itu mendesak pra tokoh Indonesia supaya segera memplokamirkan kermerdekaan Indonesia karena telah mengetahui kekalahan Jepang oleh sekutu. Dari kejadian tersebut ada makna yang sangat penting dan berpengarhu bagi kemerdekaan Indonesia.

Tujuan atau makna utama dari peristiwa rengasdengklok adalah para golongan muda ingin mempercepat proses proklamasi tanpa harus menunggu atau terpengaruh oleh bangsa Jepang. Itulah mengapa Ir. Soekarno dikala itu dibawa ke Rengasdengklok untuk diamankan sekaligus supaya tidak terpengaruh oleh Jepang. Dengan demikian Bangsa Indonesia dapat segera memplokamirkan prokalmai tanpa intervensi ataupun gangguan dari pihak Jepang sehingga Indonesia dapat merdeka seutuhnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan membaca artikel Peristiwa Rengasdengklok yang sudah kami publikasikan sebelumnya.

Semoga dengan membaca artikel ini kalian semua jadi lebih faham tentang makna peristiwa Rengasdengklok yaitu untuk mencegah para pemimpin Indonesia dari pihak Jepang. Selain itu juga untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Bangsa Indonesia yang sudah menunggu selama bertahun-tahun lamanya. Sebagai generasi penerus bangsa, marilah kita selalu mendoakan oara pakhlawan yang telah gugur agar tenang di sisi-NYA. Dan kita juga wajib menjaga kermerdekaan Indonesia seutuhnya juwa dan raga dengan cara menjadi seseorang yang berguna bagi nusa dan bangsa.


EmoticonEmoticon