Melihat Hasil Un 2018 Melalui Laman Puspendik.kemdikbud.go.id

Ujian nasional merupakan bagian dari sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional yang diatur dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003. Ujian nasional menjadi penting karena melalui ujian nasional, lembaga-lembaga yang terkait dapat melakukan evaluasi terhadap pencapaian standar nasional pendidikan pada suatu lembaga pendidikan yang hasilnya dapat dijadikan sebagai penentu kebijakan didalam meningkatkan mutu pendidikan
Ujian nasional dari masa ke masa telah mengalami berbagai perubahan nama ujian, yang kesemuanya secara umum mempunyai kesamaan visi yaitu evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Menurut Wikipedia, Ujian nasional sudah di berlakukan sejak tahun 1965 dengan nama ujiannya adalah ujian Negara. Pada tahun 1972, Nama ujian Negara berubah menjadi ujian sekolah. Hingga pada tahun 1980, Nama ujian sekolah berubah menjadi ujian Evaluasi Belajar Tahap Nasional atau yang kita kenal dengan EBTANAS. Pada tahun 2003, EBTANAS berubah naman menjadi Ujian Akhir Nasional. Namun Nama ini tidak berlangsung lama. Hingga pada tahun 2005, Ujian Akhir Sekolah berubah nama menjadi Ujian Nasional. Dan ini berlaku hingga sekarang.
Ditahun 2018, Kita dapat memantau hasil Ujian Nasional melalui laman puspendik.kemdikbud.go.id. Laman ini memberikan akses informasi bagi siapapun guna melihat hasil Ujian Nasional. Tentunya ini menjadi sesuatu hal yang baik dimana kita dapat melihat informasi tersebut dengan mudah.
Pada postingan ini, kami ingin berbagi mengenai cara melihat hasil UN 2018 melalui laman puspendik.kemdikbud.go.id. Cara ini juga dapat digunakan untuk melihat hasil Ujian Nasional yang berbasis komputer (UNBK) dan Ujian Nasional berbasis Kertas Pencil (UNKP) pada jejang SD, SMP, SMA dan SMK.
Langkah-langkah melihat hasil UN 2018 melalui laman puspendik.kemdikbud.go.id adalah sebagai berikut:
  • Persiapkan terlebih dahulu perangkat yang mungkin anda gunakan untuk mengakses laman puspendik.kemdikbud.go.id. Anda dapat menggunakan perangkat smartphone ataupun computer. Perangkat ini harus terkoneksi terlebih dahulu dengan jaringan internet sehingga memudahkan anda mengakses laman tersebut.
  • Silahkan anda buka browser pada perangkat anda. Anda dapat menggunakkan berbagi jenis browser diantaranya Mozilla, opera mini ataupun chrome. Jika anda menggunakan perangkat smartphone, anda dapat mengubah settingan browser anda menjadi desktop. Lalu ketikkan alamat website https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ pada title Bar dan tekan enter. Tunggu hingga proses menampilkan halaman pengecekan hasil UN.
  • Silahkan anda gunakan pilihan pada tab menu pilihan jenjang, Propinsi, Kabupaten/Kota, Status, Jenis sekolah untuk melihat hasil ujian nasional. Perhatikan gambar berikut:


  • Untuk melihat Langsung hasil UN pada sekolah anda, anda dapat pergunakan NPSN dank ode sekolah pada tombol pencarian, lalu tekan enter.
  • Dibawah ini adalah contoh hasil Ujian nasional dari salah satu sekolah yang berhasil kami lihat dari laman tersebut.

Selanjutnya sebagai informasi tambahan bahwa ditahun 2018 ini, anda juga dapat melihat sertifikat hasil UN putra putri anda yang dilengkapi dengan tanda tangan digital. Tentunya ini menjadi sangat bermanfaat buat kita sebab bila hilang sertifikat tersebut, kita tidak perlu lagi menggunakan stempel basah. Kita dapat dengan menuda mencetak ulang melaui laman http://shun.puspendik.kemdikbud.go.id berikut ini adalah contoh SHUN yang menggunakan digital signature yang kami ambil dari Inspektorat Jendral Kemendikbud.
Gambar: fb Inspektorat Jendral Kemendikbud


Demikanlah informasi mengenai cara melihat hasil UN tahun 2018 melalui laman puspendik.kemdikbud.go.id, semoga bermanfaat buat semua



EmoticonEmoticon