Pedoman Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018


Tanggal 2 Mei telah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia Melalui Keputusan Presiden RI bernomor 316 tahun 1959 sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tentunya penetapan ini bukanlah semata-mata mengenang jasa seorang tokoh yang bernama Ki Hajar Dewantara yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889, melainkan penetapan tanggal 2 Mei dijadikan sebagai sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan. Dan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kita adalah menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. 
Terkait dengan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, maka pemerintah membuat keseragaman penyelenggaraan upacara bendera tersebut melalui edaran bernomor 17445/MPK.A/TU/2018 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018.
Untuk diketahui bersama bahwa tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 adalah "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" dengan sasaran utamanya adalah semua insan pendidikan antara lain; pemangku kepentingan dan karyawan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baik dipusat maupun di daerah; Pemangku kepentingan dan karyawan dilingkungan kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Agama; Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri; Pemerintah daerah; satuan pendidikan serta institusi penyelenggara pendidikan. 
Diharapkan bahwa melalui upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, maka kita dapat memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan mengenai penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa. Selain itu, upacara ini juga sekaligus mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan  Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa.
Sebagai bahan referensi bacaan, silahkan anda unduh Pedoman Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 disini
Demikianlah informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat buat semua



EmoticonEmoticon