Pengertian dan Ciri Ciri Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang menggabungkan antara sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi pasar bebas. Sehingga, jalannya sistem ekonomi ini tidak hany bergantung pada peraturan satu pihak saja. Untuk memahami pengertian sistem ekonomi ini, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi pasar bebas.

Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi yang dijalankan dengan melibatkan pihak pemerintah untuk menentukan segala peraturan terkait kegiatan ekonomi. Dalam sistem ini, pihak pasar atau masyarakat tidak berhak untuk melakukan kegiatan ekonomi sesuai dengan kehendak mereka. Mereka harus mengikuti segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, termasuk untuk menentukan harga dan sebagainya.

 adalah sistem ekonomi yang menggabungkan antara sistem ekonomi komando dan sistem ekon Pengertian dan Ciri Ciri Sistem Ekonomi Campuran

Sedangkan sistem ekonomi bebas pasar adalah sistem ekonomi yang dijalankan sepenuhnya oleh pihak pasar atau masyarakat. Dalam sistem ini, segala peraturan terkait kegiatan perekonomian sepenuhnya ditentukan oleh pihak masyarakat sebagai pelaku kegiatan ekonomi, sedangkan pemerintah tidak berhak ikut campur dalam mengurusi segala peraturan perekonomian. Dalam sistem ini, pelaku kegiatan ekonomi yang kuat akan semakin kaya, sedangkan yang lemah akan semakin terpuruk.

Kemudian, sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang berada di tengah tengah kedua sistem ekonomi tersebut. sistem ekonomi ini dijalankan dengan segala ketentuan yang ditetapkan oleh kedua belah pihak, yaitu pemerintah dan juga masyarakat pasar pelaku ekonomi.

Dengan demikian, dalam menjalankan sistem ekonomi ini tidak akan ada salah satu pihak yang lebih menguasai jalannya kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan perekonomian, keberadaan pasar bebas tidak akan benar benar menggeser pihak pihak yang lemah dan meningkatkan pihak yang kuat, mereka dapat berjalan beriringan dengan adanya pihak pemerintah yang turut serta menjaga dan mengawasi jalannya sistem ekonomi.

Untuk dapat memahami secara lebih jelas terkait sistem ekonomi campuran, maka perhatikan beberapa ciri berikut:
  1. Ada kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pribadi sekaligus sektor sektor yang menyangkut hajat hidup orang banyak.
  2. Sebagian besar interaksi ekonomi terjadi di pasar.
  3. Persaingan tetap diperbolehkan, namun tetap berada di bawah pengawasan pihak yang berwenang agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat.


EmoticonEmoticon