Rangkuman Sejarah Kerajaan Kalingga Paling Lengkap

Kerajaan kalingga adalah kerajaan hindu budha pertama yang berada di wilayah jawa tengah. Sumber sumber yang ada menunjukkan bahwa Sejarah Kerajaan Kalingga dimulai pada abad ke 6 masehi. Kerajaan ini adalah kerajaan yang mempunyai gaya india, sebab memang kerajaan ini mempunyai corak hindu budha yang sangat kuat. Meski demikian, sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti di mana tepatnya pusat pemerintahan dari kerajaan kalingga ini. Para ahli hanya membuat dugaan, berdasar berbagai macam penemuan, bahwa kerajaan kalingga berpusat di kota pekalongan dan juga jepara, jawa tengah.

Kerajaan kalingga adalah kerajaan hindu budha pertama yang berada di wilayah jawa tengah Rangkuman Sejarah Kerajaan Kalingga Paling Lengkap

Sejarah keberadaan kerajaan kalingga ini memang tak banyak diulas, hal tersebut dikarenakan minimnya sumber sejarah yang ditemukan. Namun, para ahli sejarah percaya bahwa kerajaan ini memang dulu benar benar ada dan menjadi salah satu kerajaan yang cukup berkuasa pada zamannya.
Untuk memperjelas soal keberadaan kerajaan kalingga, terdapat beberapa kisah kisah tiongkok, cerita temurun masyarakat sekitar, dan juga carita parahyangan yang mengisahkan soal keberadaan kerajaan kalingga tersebut, khususnya menceritakan tentang ratu yang berkuasa, bernama Ratu Shima. Ia juga adalah seseorang yang masih mempunyai kaitan dengan kerajaan galuh di wilayah jawa barat.

Sejarah Kerajaan Kalingga memang tak benar benar jelas. Ada banyak hal yang tidak dapat diungkap. Namun begitu, keberadaan kerajaan ini memberikan banyak pengaruh pada perjalanan nusantara sampai menjadi seperti saat ini. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh suatu sumber yang menyebut bahwa kerajaan kalingga ini ada pada sekitar abad 6 sampai abad 7 masehi.
Untuk urusan penyebutan kalingga sebagai nama kerajaan ini, ada sebuah sumber yang mengatakan bahwa nama kalingga tersebut berasal dari bahasa India kuno, yaiti kaling. Hal ini pada akhirnya mengungkap sebuah fakta menarik bahwa pada abad tersebut, yakni antara abad 6 sampai abad 7 masehi, wilayah indonesia atau yang dahulu masih bernama nusantara telah mempunyai hubungan
dengan India, sebuah negeri yang jauh di sana.

Pusat Pemerintahan Kerajaan Kalingga

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kemungkinan besar kerajaan kalingga ini mempunyai pusat pemerintahan di wilayah pekalongan dan jepara. Disebutnya dua tempat tersebut bukan tanpa sebab, melainkan ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa kerajaan kalingga pernah beroperasi di wilayah tersebut. Disebutnya Jepara sebagai salah satu kota pemerintahan adalah karena di wilayah tersebut terdapat sbeuah tempat bernama keling yang berada di wilayah pantai utara.

Lalu, disebutnya pekalongan sebagai tempat pusat pemerintahan pun juga bukan tanpa sebab. Beberapa sumber Sejarah Kerajaan Kalingga mengatakan bahwa pada saat kerajaan kalingga dibangun, pekalongan adalah sebuah pelabuhan kuno, bahkan beberapa sumber juga menduga bahwa nama pekalongan adalah nama yang berasal dari pe-kaling-an. Ini adalah nama yang sesuai dengan kerajaan kalingga.

Namun, hal tersebut memang tak dapat dibuktikan secara ilmiah, sebab bukti bukti berupa sumber sejarah yang terkumpul belum cukup untuk mendukung berbagai macam hal tersebut.
Kisah lain tentang Sejarah Kerajaan Kalingga adalah tentang ratu yang memimpin. Selain sangat sulit ditemukan sumber mengenai keberadaan kerajaan ini, kerajaan kalingga juga sangat krisis dengan nama nama yang dikenal sebagai raja atau pemimpin. Salah satu yang dikenal hanyalah Ratu Shima, ia adalah seorang pemimpin dengan berbagai peraturan yang kejam, khususnya terhadap pencurian.


EmoticonEmoticon