Sejarah Kerajaan Singasari | Materi dan Ringkasan Lengkap

Sejarah Kerajaan Singasari dimulai sejak tahun 1222 masehi. Pada saat itulah kerajaan yang terletak di daerah kawasan bernama Kutaraja tersebut didirikan. Pendirinya adalah Ken Arok, salah satu tokoh yang paling terkenal di Kerajaan Singasari. Ceritanya cukup melegenda, anda tentu juga pernah mendengar nama tersebut, bukan? Kerajaan Singasari beribukota di Tumapel, pada awalnya Tumapel ini hanyalah sebuah wilayah kabupaten yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Kediri. Pemimpinnya bernama Tunggul Ametung.

Sejarah Kerajaan Singasari dimulai sejak tahun  Sejarah Kerajaan Singasari | Materi dan Ringkasan Lengkap

Asal Mula Berdirinya Kerajaan Singasari

Kisah berdirinya Kerajaan Singasari bermula dari rasa cinta Ken Arok kepada istri Tunggul Ametung. Pada saat itu, sebenarnya Ken Arok hanyalah seorang pengawal dari Bupati Tunggul Ametung. Dalam menjalankan tugasnya, Ken Arok mulai terpikat dengan kecantikan istri sang mabilan, sampai pada akhirnya untuk merebut wanita tersebut, Ken Arok berkhianat dan membunuh Tunggul Ametung.

Tragedi pembunuhan untuk mendapatkan istri dari Tunggul Ametung tidak hanya terjadi sekali dengan satu korban jiwa, namun ada korban yang lain. Karena benar benar telah terpikat dengan kejelitaan istri Tunggul Ametung yang bernama Ken Dedes, Ken Arok memaksa Mpu Gandring seorang pembuat keris untuk memberikan kerisnya, supaya dapat digunakan untuk membunuh Tunggul Ametung.

Dalam kisah Sejarah Kerajaan Singasari diceritakan bahwa sebenarnya keris yang diminta belumlah sempurna, sehingga Mpu Gandring enggan memberikannya kepada Ken Arok. Namun, Ken Arok memaksa, sampai pada akhirnya ia merebut keris tersebut, dan menggunakannya untuk membunuh Mpu Gandring.

Sehingga, sebelum Ken Arok menggunakan keris tersebut untuk membunuh Tunggul Ametung, ia telah menggunakannya terlebih dahulu untuk membunuh sang pembuatnya, yakni Mpu Gandring. Setelah itu, barulah Ken Arok menemui Tunggul Ametung dan membunuhnya. Lepas itu, ia memperistri Ken Dedes.

Masih menyoal keris yang digunakan untuk membunuh tersebut. Ketidaksabaran Ken Arok saat merebut keris yang belum sempurna tersebut berbuntut panjang dalam pembentukan Sejarah Kerajaan Singasari. Pada saat Mpu Gandring dibunuh dengan keris tersebut, sebelum wafat ia sempat membuat sebuah kutukan bahwa keris tersebut kelak akan membuhuh Ken Arok sampai tujuh turunan.

Namun, sebelum kutukan tersebut benar benar terjadi, Ken Arok telah sempat mencicipi manisnya menjadi seorang raja dari pemerintahan yang ditinggalkan oleh Tunggul Ametung. Ada banyak versi mengenai alur Sejarah Kerajaan Singasari yang dibuat oleh berbagai pihak. Masing masing mempunyai keunggulan dan juga kekurangan.

Peninggalan Sejarah Kerajaan Singasari

Beberapa bukti peninggalan Kerajaan Singasari adalah berupa candi candi yang banyak ditemukan di daerah Jawa Timur mulai dari Singasari sampai Malang. Dalam sebuah kitab karangan Mpu Prapanca yang berjudul Negarakertagama, disebutkan nama nama raja yang pernah memerintah Kerajaan Singasari. Jelas hal ini kian membuktikan bahwa keberadaan Kerajaan Singasari ini benar benar ada.

Dalam Kitab Pararaton bahkan dibahas panjang mengenai sosok Ken Arok. Kitab tersebut mengungkap bahwa Ken Arok mempunyai banyak keajaiban, bahkan yang tidak masuk akal. Oleh sebab itu, banyak yang menganggap apa yang diceritakan mengenai Ken Arok ini hanyalah sekadar dongeng belaka. Namun, bila ditinjau dari sisi akademis, melalui berbagai macam prasasti yang ditemukan, sosok Ken Arok memang benar benar ada dalam Sejarah Kerajaan Singasari dan menjadi salah satu rajanya.

Terlepas apakah cerita dari setiap versi tersebut benar atau salah, yang jelas keberadaan Kerajaan Singasari benar benar ada dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Apalagi sekarang zaman semakin modern. Berbagai artefak yang ditinggalkan dapat dihitung usianya.


EmoticonEmoticon